Jumat, 10 Februari 2012

Batik Bomba, Batik Khas Palu

Setiap daerah di Indonesia ini memiliki seni dan kebudayaannya masing-masing. salah satunya yaitu seni batik yang mana hampir setiap daerah di nusantara memiliki seni batik yang khas, begitu juga dengan daerah Palu yang juga memiliki seni batik yang khas dan juga merupakan industri kreatif andalan kota Palu.

Meskipun belum banyak dikenal oleh masyarakat secara luas, namun batik bomba ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk batik lainnya, baik dari sisi motif maupun warnanya.

Salah satu motif yang cukup terkenal yaitu motif taiganja yang diambil dari akar tradisi masyarakat kalili, selain itu ada motif bunga cengkeh yang merupakan komoditas perkebunan andalan kabupaten tolitoli.

Saat ini kota palu tidak hanya memiliki satu jenis batik saja (Batik Bomba), tetapi juga terdapat jenis batik lain yang cukup di kenal yaitu batik bomba lekatu di Tavanjuka dan batik bomba dijalan kedondong kota Palu.

1 komentar:

  1. memang cantik ya klo cewek pakai batik, semoga budaya batik indonesia tetap terjaga dan lebih diminati oleh generasi penerus...

    BalasHapus